SISWA MERDEKA, APAKAH GURU JUGA?: Kumpulan Puisi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIC1qiAWb9OsgRs4NPRg1YRmh-7r8ToXRj8XRCT-XbebAKvntiHUehlL2wVBKitSymAAYOm2_INO75lqBUANQwg1a6fQ9esmluurWXSSe-n18aJ-oWxYFopGhfRZS4MnV175wO-K4tIXg7fQ7Tl2Oa7c56SX9E5kps418PFsYKisriGFIAMJPCxrIAqjji/s72-c/Mockup.png click to zoom
Ditambahkan 21.36
Kategori Buku Buku Baru Produk Produk Buku
Harga Rp.50.000@ Judul: Siswa Merdeka, APakah Guru Juga?:Kumpulan Puisi Penulis: Ari Aditama Cetakan Pertama, September 2023 x + 148 hlm; 14,5 x 2...
Share
Hubungi Kami
Beli Sekarang

Review SISWA MERDEKA, APAKAH GURU JUGA?: Kumpulan Puisi




Rp.50.000@

Judul: Siswa Merdeka, APakah Guru Juga?:Kumpulan Puisi
Penulis: Ari Aditama
Cetakan Pertama, September 2023
x + 148 hlm; 14,5 x 20,5 cm
ISBN: 62-758-0033-xx-x


Ketika seorang guru menulis puisi, selain berdialog dengan dirinya sendiri, niscaya ia juga sedang membangun komunikasi dengan khalayak semesta yang mengondisikannya. Di dalam buku ini, Pak Ari mengekspresikan keresahannya ke dalam spirit harapan dan nasihat dalam dan melalui puisi, apapun subgenrenya. Di samping itu, terdapat pula puisi yang tidak menunjukkan keterusterangan, tetapi secara implisit mewujud ke dalam reportase kata-kata. Karenanya, kumpulan puisi ini dapat dikatakan berhasil menaklukkan bahasa. Pak Guru Ari mampu memenjarakan keliaran harapan dan nasihat, serta meraih kemerdekaan makna. Judul kumpulan yang retoris, Siswa Merdeka, Apakah Guru Juga?, agaknya merupakan "tindakan kehendak" yang mengarah ke sana. Puisi pun menjadi kelit-kelindan antara ekspresi dan representasi. Kita tunggu puisi-puisi Pak Guru Ari berikutnya. Salam kreatif. 
Suminto A. Sayuti -  Guru Besar FBSB Universitas Negeri Yogyakarta

Saya menyambut gembira atas penerbitan buku puisi ini. Sebab dengan terbitnya karya-karya kreatif seorang guru, otomatis akan menjadi pemantik bagi kegairahan siswa dalam pengajaran sastra di kelas, ---dan ini sangat penting. Dengan hadirnya buku ini, para siswa mendapat contoh langsung bagaimana proses kreatif puisi tercipta dari penulisnya sendiri (yakni gurunya) dan akan sekaligus menjadi pendorong bagi mereka yang memiliki keinginan menjadi seorang penyair. Pengajaran sastra niscaya akan menjadi pengajaran yang menyenangkan". 
Joni Ariadinata -  Sastrawan

Puisi-puisi dalam buku ini ditulis dari pengalaman dan pengamatan penulis kepada hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Sebagai penulis yang berprofesi sebagai pendidik, puisi-puisi dalam buku ini banyak yang ditulis dengan nada didaktik. Penulis banyak menitipkan pesan-pesan dengan nada mendidik melalui bait-bait puisi. Puisi-puisi yang termuat dalam buku ini tentu juga dapat menjadi contoh puisi yang digunakan dalam pembelajaran sastra di kelas. 
Dr. M. Ardi Kurniawan - Dosen PBSI FKIP UAD


Komentar